Sabtu, 08 Januari 2011

Kretschmer menyatakan ada korelasi positif antara bentuk tubuh manusia dengan perilakunya berkaitan dengan ilmu Perilaku Konsumen. Ia mengkategorikan 3 tipe konsumen sbb:

  • KONSUMEN TIPE PIKNIS

CIRI-CIRI FISIK: BENTUK BADAN BULAT, ANGGOTA BADAN UMUMNYA AGAK PENDEK, & BERWAJAH BULAT LEBAR
KARAKTER:

(1) PERAMAH, SUKA BICARA, TENANG, & SUKA HUMOR;

(2) PENDIAM, BAIK HATI, PRAKTIS ENERGETIK

CARA MENGHADAPI:

(1) PERHATIKAN MOODNYA, & USAHAKAN BERBINCANG JIKA MEREKA MENGHENDAKI,

(2) LAKUKAN PERCAKAPAN YANG MENARIK,

(3) JANGAN TERLIBAT PERDEBATAN DENGAN MEREKA,

(4) TIDAK TERLALU “MENGAMBIL HATI” DENGAN APA YANG MEREKA UCAPKAN,

(5) BAGI YANG PENDIAM, SEBAIKNYA BERI PERHATIAN EKSTRA

  • KONSUMEN TIPE LEPTOSOM

CIRI-CIRI FISIK: BENTUK BADAN AGAK KECIL & LEMAH, LEHER DAN ANGGOTA BADAN MENUNJUKAN KESAN KURUS PANJANG
KARAKTER: (1) ANGKUH; (2) IDEALIS

CARA MENGHADAPI:

(1) HORMATI MEREKA SEPERTI SEORANG RAJA,

(2) BERSIKAP SABAR, HORMAT, BIJAKSANA, & SIAP MELAKUKAN PERMINTAAN MEREKA

(3) MENYAPA MEREKA DENGAN SIKAP HORMAT


  • KONSUMEN TIPE ATLETIS

CIRI-CIRI FISIK: BENTUK BADAN KOKOH, PUNDAK TAMPAK LEBAR, PINGGUL BERISI, ANGGOTA BADAN CUKUP PANJANG, BADAN BEROTOT & KEKAR, BERWAJAH BULAT TELUR ATAU LONJONG
KARAKTER: ENERGIK NAMUN BERPENAMPILAN KALEM, JARANG HUMOR, KAKU, & TIDAK LEKAS PERCAYA

CARA MENGHADAPI:

(1) HINDARI DEBAT KUSIR,

(2) BERI KESAN MEREKA PRIBADI YANG CERDAS,

(3) BERSABAR, TIDAK TERBURU-BURU,

(4) MEMBERI PENJELASAN YANG SISTEMATIS,

(5) HINDARI SIKAP MENGECEWAKAN MEREKA, KHUSUSNYA JIKA MEREKA TIDAK MEMBELI BARANG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar