Rabu, 23 Desember 2009

Kiat Agar Tubuh Tidak Mengeluh

Saya butuh istirahat. Jika tubuh anda dapat berbicara, barangkali keluhan itulah yang akan diucapkannya. Apalagi bagi anda pekerja kantor yang selalu sibuk dengan rutinitas pekerjaan setiap harinya. Tidak heran jika terkadang badan terasa lemas dan tidak semangat beraktivitas. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat anda lakukan agar tetap semangat dan tidak mudah lelah di tempat kerja.
Pertama, jadikan malam sebagai waktu yang tepat untuk beristirahat. Setelah bekerja seharian, tentunya anda butuh liburan. Oleh sebab itu, jika tidak ada urusan penting, sebaiknya anda langsung pulang ke rumah setelah pulang dari kantor.
Kedua, tidurlah yang cukup. Jumlah jam tidur yang ideal adalah delapan jam. Nah, bila anda termasuk orang yang sulit tidur atau insomnia lebih baik membatasi minum kopi karena kafeinnya dapat membuat kita sulit tidur.
Selain itu, belajarlah tidak terlalu banyak memikirkan persoalan. Memikirkan masalah sebelum tidur, jelas bukan hal yang baik karena akan membuat kita dihantui mimpi buruk yang menyebabkan tidur tidak nyenyak. Jadi sebelum tidur pikirkan hal-hal yang indah agar tidur kita nyenyak.
Ketiga, minum air putih yang cukup. Salah satu penyebab tubuh lemas yaitu karena kurangnya asupan cairan dalam tubuh. Terkadang karena pekerjaan yang secara terus-menerus membuat kita tidak sempat minum air yang cukup Olehkarena itu sebaiknya kita selalu menyiapkan sebotol air minum di saat kita bekerja dan jangan lupa cuci muka agar kita kembali segar.
Keempat, jangan pernah melupakan waktu sarapan. Karena ketika kita beraktivitas tubuh kita memerlukan energi yang cukup besar. Nah makanan merupakan penghasil energi yang kita butuhkan. Olehkarena itu sebaiknya sebelum beraktivitas sebaiknya sempatkan diri untuk sarapan terlebih dahulu.
Kelima, biasakan gaya hidup sehat. Hindari merokok dan mulai membiasakan diri untuk berolahraga. Sebab, olahraga akan mengurangi tekanan darah, melancarkan sirkulasi darah, menenangkan pikiran dan memudahkan anda untuk tidur nyenyak

Sumber : KOMPAS KLASIKA, edisi Rabu, 10 Juni 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar