Rabu, 23 Desember 2009

KOMPENSASI


Kompensasi adalah segala sesuatu yang diterima para karyawan sebagai balas jasa untuk kerja mereka. Biasanya cara suatu departemen personalia meningkatkan prestasi kerja, motivasi, dan kepuasaan kerja yaitu dengan kompensasi.
Pemberian kompensasi harus dicermati dan dipertahankan dengan baik karena jika tidak, hal ini dapat menimbulkan masalah yang cukup besar. Pemberian kompensasi secara benar dapat membuat para karyawan akan lebih terpuaskan dan lebih memotivasi untuk mencapai sasaran-sasaran organisasi. Kompensasi merupakan cerminan ukuran suatu individu. Olehkarena itu bila para karyawan memandang kompensasi mereka tidak memadai, maka prestasi kerja, motivasi dan kepuasaan kerja mereka dapat menurun secara drastis. Program-program kompensasi juga penting bagi perusahaan, karena mencerminkan upaya organisasi untuk mempertahankan sumberdaya manusianya.
Berikut ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi pemberian komensasi ada 3 :
1. Faktor internal, tergantung pada keadaan perusahaan
2. Faktor individu, tergantung pada prestasi maupun hasil yang dicapai seseorang
3. Faktor eksternal, tergantung pada keadaan pasar, kebijakan pemerintah dan lain-lain
Kompensasi memang merupakan komponen-komponen biaya yang paling penting. Bila hal itu tidak diadministrasikan secara tepat, perusahaan bisa kehilangan para karyawan yang baik dan secara otomatis perusahaan harus mngeluarkan biaya lebih untuk mencari penggantinya dengan melakukan seleksi, melatih dan mengembangkan penggantinya.
Olehkarena itu pemberian kompensasi yang baik dan tepat dapat menunjang prestasi dan kinerja para karyawannya sehingga dapat mencapai tujuan perusahaan dengan maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar